10 Jenis Besi Baja

10 Jenis Besi Baja yang Perlu Anda Ketahui

Besi baja – Setiap bangunan yang ada di sekeliling kita pastinya menggunakan berbagai jenis besi kebutuhan konstruksi. Baik kebutuhan pembangunan hingga renovasi sebuah bangunan tidak bisa diselesaikan tanpa adanya besi yang sesuai. Besi saja sendiri merupakan salah satu jenis besi yang paling banyak digunakan karena memiliki manfaat yang cukup besar dalam bidang pembangunan. Selain menawarkan manfaat yang banyak, besi jenis ini bahkan juga memiliki jenis yang beragam dari segi bentuk dan fungsinya. Lalu, sudahkah Anda mengetahui apa saja jenis besi baja yang beredar di pasaran hari ini? sebagai informasi tambahan, yuk coba simak detail informasi yang berhasil kami rangkum berikut!

Plat Besi Baja

Dari sekian banyak jenis besi baja yang beredar di pasaran, plat besi baja merupakan salah satu yang paling banyak digunakan saat ini. Besi baja jenis ini digunakan untuk kebutuhan industri, terkhususnya dalam pembangunan beragam perkakas industri. Dalam praktiknya, ada begitu banyak jenis perkakas yang bisa dibuat menggunakan besi baja jenis plat. Sebut saja pembuatan berbagai perlengkapan rumah tangga hingga dalam pembuatan dan pembangunan alat-alat transportasi. Sesuai namanya, plat besi baja termasuk salah satu jenis besi yang bentuknya seperti lempengan atau plat sehingga memungkinkan dibentuk dengan mudah sekaligus dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan ragam jenis perkakas.

Pipa Besi Baja

Di urutan berikutnya ada pipa besi baja, yaitu satu dari sekian jenis besi baja yang cukup mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Besi yang satu ini juga termasuk jenis besi yang paling banyak digunakan. Sesuai namanya, besi baja pipa memiliki bentuk menyerupai pipa dan biasanya juga disebut sebagai pipa hitam karena dibuat dengan warna hitam. Tujuan utama pembuatan pipa besi ialah guna menyalurkan bahan-bahan pertambangan yang cukup mudah terbakar, sebut saja seperti minyak, gas dan oli untuk pabrik. Dalam dunia pembangunan, pipa besi baja memiliki peran penting terkhusus dalam dunia industri. Karena fungsinya yang cukup penting, pipa besi baja dibuat dengan durabilitas yang tinggi sehingga sangat kokoh.

Kanal Besi Baja

Ada begitu banyak besi kebutuhan konstruksi, salah satunya ialah kanal besi baja yang mungkin cukup asing di telinga Anda. Jenis besi baja ini merupakan produk fabrikasi dengan bahan utama berasal dari plat koil atau lembaran baja. Kanal besi dibuat menggunakan mesin berteknologi tinggi dengan bantuan sistem komputer sehingga menghasilkan bentuk besi kanal yang presisi. Proses pembuatan kanal besi juga sangat cepat lho. Tahapan pembuatannya meliputi pemotongan pelat, penekukan menjadi besi kanal, penyesuaian panjang standar, pendinginan hingga penyusunan untuk diedarkan. Selama ini, setidaknya terdapar 2 jenis besi kanal baja yang beredar di pasaran yaitu besi kanal C dan besi kanal U. Keduanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan jenis besi baja lainnya.

Siku Besi Baja

Jenis besi baja yang satu ini memiliki bentuk siku dan fungsinya ialah untuk pembuatan rangka perkakas. Berbeda dengan jenis pipa besi baja yang digunakan untuk pembuatan perkakas industri, besi siku biasanya digunakan untuk pembuatan kerangka detail tangga, rangka air, rangka rak besi, rangka pintu dan masih banyak lainnya. Untuk Anda yang belum tahu, siku besi baja ialah besi logam yang berbentuk dua garis tegak lurus dengan sudut 90 derajat. Di dalam bidang konstruksi, besi siku biasanya diproduksi dengan panjang sisi yang sama dan sangat mirip dengan segitiga siku-siku meskipun hanya menutup satu sisinya saja.

Naco Besi Baja

Diurutan selanjutnya ada naco besi baja atau lebih dikenal sebagai square bar. Besi baja yang satu ini memiliki bentuk kotak dan biasanya digunakan sebagai pengaman dalam pemasangan teralis jendela. Besi naco atau nako juga memiliki nama lain, yaitu virkant yang dahulunya digunakan pada jendala kaca untuk dibuka tutup. Untuk Anda yang belum tahu, besi jenis ini terdiri dari 4 jenis, yaitu naco polos, naco ulir, naco embos dan naco gilas. Semua jenis besi naco tersedia dalam ukuran yang beragam, mulai dari 6 mm hingga 16 mm. Dengan ukuran panjang antara 2 meter hingga 5 meter. Semuanya tergantung kebutuhan dan permintaan Anda. Dewasa ini, besi naco baja digunakan sebagai dekorasi, aksesoris pintu, teralis, mebel, pagar dan lain sebagainya.

Besi Baja As

Berikutnya ada jenis besi baja As atau besi assental. Besi ini merupakan salah satu jenis besi yang memiliki penampakan warna yang cukup bervariasi. Anda bisa menemukan besi As berwarna putih, warna abu-abu dan lainnya. Dari bentuknya, besi jenis ini memiliki bentuk bulat atau round bars dengan format segi empat. Selain itu, pada sebagian tipe besi As bahkan juga disebut dengan shafting bar. Besi baja jenis ini sedikit banyak digunakan dalam pembuatan sparepart mobil, baur, mur dan beberapa furnitur lain seperti rak, tempat duduk dan masih banyak lainnya. Untuk orang awam, besi As memang terdengar cukup asing sih.

Besi Beton

Besi beton termasuk salah satu jenis besi baja yang berperan penting dalam dunia pembangunan. Seperti yang diketahui, beton merupakan material campuran yang dibutuhkan dalam pembangunan sebuah gedung. Beton juga memiliki pertahanan yang cukup kecil untuk menyangga beban bangunan jadi, maka dari itu dibutuhkan besi beton untuk membantu pertahanannya. Keberadaan besi  beton akan membuat campuran beton mampu menahan beban yang lebih besar sehingga bangunan yang dikerjakan jauh lebih kokoh. Karena manfaat besar inilah besi beton sering disebut sebagai besi penulangan dan biasanya digunakan sebagai rangka sebuah gedung yang dibangun menggunakan material campuran beton.

Kawat Bendrat

Untuk Anda yang belum tahu nih, kawat bendrat merupakan kawat yang terbuat dari baja dan biasanya digunakan sebagai penggiat rangkaian tulang, baik tulang kolom, sloof, balok, kolom praktis dan berbagai tulangan lain sehingga bisa membentuk sebuah rangkaian rangka elemen struktur. Selain itu, kawat ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti mengikat beton deckling maupun mengikat berbagai material lain sebelum kemudian dicor.

Kawat Las

Ada pula kawat las atau lebih dikenal dengan istilah elektroda. Kawat ini merupakan sebuah material penting yang digunakan dalam pengelasan listrik. Kawat las juga berfungsi sebagai pembakar yang memicu busur nyala. Saat ini setidaknya ada dua jenis kawat las yang beredar di pasaran, yaitu kawat las polos dan kawat las berselaput.

Wiremesh

Terakhir ada jenis besi baja wiremesh yang biasanya lebih dikenal dengan istilah besi anyam. Besi jenis ini biasanya dibentuk dari kawat, di mana kawat akan dianyam sehingga membentuk kotak-kotak lembaran hingga kemudian diaplikasikan sebagai material pendukung konstruksi bangunan. Seperti yang dijelaskan, jenis besi yang satu in berfungsi untuk memperkuat dan menahan dak beton dalam proses pembangunan rumah. Wiremesh juga memiliki ukuran ketebalan yang cukup beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Salah satu fungsi utama besi baja wiremesh ialah digunakan sebagai display.

Ada begitu banyak jenis besi baja yang beredar di pasaran bukan? Kini Anda bisa memilih berbagai jenis besi baja yang tepat sesuai kegunaan dan fungsinya. Demikianlah informasi seputar macam jenis besi baja, semoga detail informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan!

Share This Article: