Apa Itu Siku Besi Baja dan Apa Kegunaannya?

Siku besi baja, atau yang juga sering dikenal dengan nama angle bar, banyak digunakan untuk kebutuhan struktur teknik maupun pemakanan standar yang umum di masyarakat. Apabila Anda mengamati bentuk dari siku baja yang umum ditemukan di pasaran, wujud dari produk ini bisa dikenali dari bentuknya yang memiliki siku-siku atau sudut 90 derajat, alias tegak lurus. Karena itu, secara umum, bentuk dari besi siku mirip seperti dengan huruf L.

Berdasarkan besi siku yang bisa Anda temui di pasaran, Anda bisa amati bentuknya yang datar. Untuk panjangnya sendiri, ada beragam pilihan yang bisa Anda temukan, dengan panjang yang mencapai 6 meter. Meski begitu, seberapa panjang siku besi baja sendiri sebenarnya bergantung pada penggunaan atau kebutuhan spesifik pengguna, pun halnya dalam urusan ketebalan.

Permukaan besi siku dengan standar pasaran yang baik umumnya telah diberi pelapis anti erosi dan korosi. Dengan begitu, siku besi baja pun mampu digunakan dalam waktu yang sangat lama, bahkan hingga puluhan tahun. Hal ini juga diterapkan demi menunjang kegunaan utama dari besi siku, yang paling sering digunakan sebagai pelindung bagian tepi dan ujung dari sebuah struktur.

Secara lebih mendetail, kegunaan dari besi siku sendiri meliputi beberapa kebutuhan berikut ini:

  • Sebagai salah satu material untuk konstruksi rak khusus yang digunakan untuk menyimpan barang-barang berat.
  • Sebagai salah satu material dalam konstruksi kanopi dan penguat struktur untuk kebutuhan konstruksi rumah pribadi.
  • Menyediakan dukungan atau support baik secara vertikal maupun horizontal untuk struktur yang berbentuk silinder. Contohnya peralatan pemancar seperti menara radio.
  • Digunakan di dalam kebutuhan pertukangan sebagai salah satu media yang dimanfaatkan untuk memindahkan barang berat dari satu titik ke titik lainnya.
  • Memberikan dukungan untuk bangunan tinggi, misalnya menara atau gedung pencakar langit.

Ternyata, meskipun bentuk dari siku besi baja sebenarnya sama saja, ada banyak fungsi dan manfaat yang bisa diberikan, ya? Sebab, meskipun besi siku kelihatannya punya bentuk yang sama, sebenarnya ada beberapa jenis yang bisa Anda temukan di pasaran. Jenis-jenis tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Besi siku sama sisi, dengan bentuk seperti huruf L namun masing-masing sisi memiliki panjang yang sama. Jenis yang satu ini merupakan jenis siku besi baja yang paling banyak dan mudah ditemukan di pasaran.
  • Besi siku tak sama sisi, dengan kedua sisinya yang memiliki panjang yang tidak sama. Artinya, satu sisi lebih pendek dibandingkan sisi lainnya, sehingga paling menyerupai bentuk huruf L.
  • Besi siku lubang, dengan bentuk seperti besi siku tak sama sisi (huruf L). Hanya saja, jenis besi siku yang satu ini memiliki lubang pada permukaan masing-masing sisinya. Kegunaan lubang tersebut adalah sebagai tempat untuk memasang baut maupun drat, yang bisa Anda amati dalam penggunaan besi siku untuk konstruksi rak.
Share This Article: