Foto Konstruksi Rumah dengan Besi Baja

Cara Penggunaan Besi Baja di Konstruksi Rumah

Struktur besi baja ringan menjadi pilihan yang tepat untuk membangun rumah dengan tipe sederhana dan minimalis. Kini kebanyakan orang cenderung menghindari membangun tempat tinggal mewah di pusat perkotaan. Mereka lebih memilih membangun rumah sederhana di lokasi semi urban. Desainnya pun menjadi lebih stylish, ringan dan ramping sehingga lebih mudah dikerjakan. 

Konstruksi besi baja untuk hunian tempat tinggal

Salah satu fungsi dari sistem konstruksi yang digunakan untuk membangun rumah, ruko, dan jenis bangunan lainnya adalah konstruksi besi baja. Ada beberapa pertimbangan yang digunakan dalam pemilihan jenis konstruksi tersebut:

  1. Waktu pekerjaan menjadi lebih cepat, sehingga dapat menekan biaya jasa tukang karena pekerjaan selesai dengan durasi yang lebih cepat. Misalnya; pekerjaan yang seharusnya selesai dalam waktu 7 bulan dengan menggunakan konstruksi baja bisa selesai hanya dalam waktu 5 bulan. 
  2. Bisa menjadi lebih murah untuk style arsitektur industrial yang tanpa menggunakan finishing karena rangka baja dapat langsung dicat tanpa perlu dibungkus beton terlebih dahulu. 
  3. Memiiki nilai investasi jangka panjang. Ketika bangunan dengan struktur baja dibongkar, bangunan tersebut masih memiliki nilai tidak seperti bangunan struktur beton yang hanya menjadi puing. 
  4. Bangunan komersil seperti restoran, ruko dan rumah kos 3 lantai akan lebih cepat selesai dan bisa cepat beroperasi sehingga akan lebih menguntungkan. 

Cara penggunaan besi baja untuk konstruksi rumah

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan menggunakan rangka besi baja, berikut informasi mengenai dasar-dasar konstruksi baja dan cara pengunaannya:

  1. Pondasi bangunan

    Pondasi bangunan merupakan titik utama pada pembangunan rumah. Pondasi rumah dengan rangka besi baja sebenarnya sama dengan pondasi rumah biasa. Pondasi ini digunakan untuk menerima beban bangunan dari atas dan menyalurkan ke tanah yang padat atau dasar bangunan, dengan demikian bangunan dapat berdiri dengan kokoh. Yang membedakan hanyalah sambungan untuk dudukan baja yang biasa disebut pedestal. Pedestal merupakan dudukan rangka baja berbahan dasar beton dan menjadi satu dengan sloof yang sudah diberi angkur-angkur baut. Nantinya pedestal tersebut akan mengikatkan kolom baja dengan struktur bawah. 
  2. Balok dan kolom rangka besi baja

    Balok dan kolom rangka besi baja merupakan struktur pembentuk yang saling berkaitan satu sama lain hingga menjadi satu kesatuan kosntruksi yang saling mengikat. Tiang atau kolom akan disatukan oleh sambungan yang direkatkan dengan baut ataupun dengan cara dilas. 
  3. Lantai untuk struktur rangka besi baja

    Lantai dengan struktur rangka besi baja biasanya digunakan untuk lantai 2 dan berikutnya. Ada banyak struktur untuk lantai rangka besi baja yang bisa diterapkan. Struktur rangka baja memiliki besaran kekuatan pasti yang bisa dihitung, dimana setiap 1 meter persegi luas lantai mampu menahan beban hingga 250 kg (untuk bangunan rurmah tinggal dan bangunan umum). Sedangkan untuk bangunan seperti mall, setiap 1 meter persegi luas lantai mampu menahan beban hingga 400 kg. 
  4. Panel lantai beton ringan

    Salah satu produk untuk lantai dengan konstruksi baja adalah panel beton ringan. Panel beton ringan dibuat sesuai ukuran pabrikasi dengan lebar 60 cm dan panjang rata-rata 3 meter (dapat sesuai pesanan). Panel beton ringan sangat mudah dipasang karena hanya tinggal menumpang di balok kerangka besi yang sudah terpasang dan menyambung dengan perekat lainnya. 

Membangun rumah tentu menghabiskan banyak biaya untuk membeli material dan membayar jasa tukang. Salah satu solusi hemat untuk membangun rumah dua lantai adalah dengan menggunakan konstruksi baja. Konstruksi baja jauh lebih efisien dibanding dengan konstruksi beton cor. Jika pada konstruksi beton cor masih menggunakan papan untuk membangun tiang beton, maka dalam konstruksi baja papan tersebut sudah tidak lagi digunakan. Hal ini tentu akan membuat anggaran pembangunan rumah menjadi lebih efisien dan hemat biaya. 

Share This Article: