Mengenal Naco Besi Baja dan Manfaatnya dalam Konstruksi

Naco besi baja, yang juga sering dikenal dengan nama besi nako atau square bar, merupakan sebuah batangan besi baja yang punya bentuk kotak dengan panjang yang bervariasi berdasarkan standar pasar. Biasanya, besi nako dimanfaatkan sebagai bahan untuk pemasangan teralis jendela untuk keamanan. Di samping itu, jika Anda familier dengan bentuk jendela berbentuk slat yang bisa dibuka dan ditutup dengan tuas, Anda sebenarnya juga bisa menemukan besi nako sebagai salah satu material utama konfigurasi jendela tersebut.

Hal ini berarti bahwa penggunaan naco besi baja sebenarnya sama sekali bukan hal yang baru. Hanya saja, nama besi nako akhir-akhir ini kembali mencuat dan populer, terutama seiring dengan popularitas gaya desain modern dan minimalis.

Secara garis besar, besi nako alias besi kotak ini bisa dikelompokkan ke dalam empat jenis: nako polis, nako emboss, nako ulir, dan nako gilas. Pengelompokan tersebut dibuat berdasarkan detail yang ditambahkan pada besi nako sehingga tampilannya berbeda antara satu jenis dengan jenis yang lainnya.

Sebagai contoh, besi nako polos memang diproduksi tanpa ada tambahan detail atau motif apapun pada masing-masing sisinya – karena itulah namanya adalah besi nako polos. Sementara itu, nako ulir punya detail yang berbentuk uliran yang menyambung, dan nako emboss juga memiliki motif yang ditambahkan pada masing-masing sisinya. Untuk besi nako gilas, Anda bisa menemukan adanya tonjolan-tonjolan yang seragam pada masing-masing bilahnya. Selain detail tersebut, besi nako gilas sebenarnya memiliki bentuk yang serupa dengan besi nako polos, yaitu bentuk yang kotak.

Besi nako polos adalah jenis yang biasanya banyak digunakan dalam desain modern minimalis, meskipun hal ini juga tidak menutup kemungkinan akan hadirnya jenis-jenis besi nako polos lainnya di dalam sentuhan gaya yang satu ini.

Ukuran besi nako yang dapat Anda temukan di pasaran sangat bervariasi, dengan ketebalan yang umumnya berkisar antara 6 sampai 16 mm. Sementara untuk panjangnya, besi nako biasanya dijual dengan panjang yang berkisar antara 3 sampai 5 meter. Meski demikian, pilihan panjang naco besi baja yang bisa Anda peroleh sebenarnya bisa dibilang tak terbatas. Pasalnya, Anda juga bisa memesan besi nako dengan panjang yang sesuai dengan permintaan khusus Anda.

Pengaplikasian naco besi baja, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak ditemukan dalam produksi dan desain jendela, terutama jendela minimalis. Meski demikian, besi nako sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam konstruksi dan desain, misalnya untuk membuat aksesoris pada pintu, pagar, dekorasi rumah, mebel, dan sebagainya. Kemudian, Anda bisa bebas memilih jenis besi nako sesuai dengan kebutuhan maupun selera pribadi Anda, apakah itu nako ulir, polos, emboss, atau gilas.

Share This Article: