Pipa Besi Baja dan Manfaatnya

Pipa besi baja merupakan salah satu jenis material untuk konstruksi atau bangunan yang terbuat dari logam campuran, yaitu besi dan karbon. Penggunaan pipa baja sudah diimplementasikan begitu luas, baik itu dalam industri konstruksi maupun dalam pengaplikasian dalam industri manufaktur.

Sementara itu, di dalam sistem pemipaan, pipa baja bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan baik gas maupun cairan bagi perumahan dan gedung-gedung komersial, serupa dengan penggunaan yang umum dalam pasokan air bersih untuk rumah tangga. Di samping itu, pipa besi baja juga sangat populer digunakan sebagai salah satu komponen struktur untuk penyangga.

Pipa baja sendiri sering dikenal juga dengan nama pipa baja hitam atau pipa hitam karena warna yang ditunjukkan. Dalam proses produksinya, bijih besi yang diproses dengan cara dilebur dan diekstraksi kemudian melewati proses pengecoran alias casting untuk dicetak ke dalam bentuk pipa. Setelah dicetak, pipa besi baja lantas melalui tahap akhir proses produksi, yaitu pembersihan. Tak jarang proses pelapisan juga ditambahkan, di mana permukaan pipa diberi pelapis bahan pelindung. Setelah itu, pipa pun dipotong-potong berdasarkan ukuran standar yang banyak digunakan di pasaran.

Secara garis besar, pipa baja punya karakteristik kualitas yang relatif kuat dan mampu bertahan lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun. Hal ini didukung oleh pengaplikasian pelapis pada permukaan pipa agar membuatnya jadi tahan terhadap karat – jenis pelapis yang digunakan misalnya zinc dan galvanis.

Di pasaran, ada beberapa jenis pipa baja yang bisa Anda temukan. Secara umum, pembedaan jenis pipa besi baja ini dibuat berdasarkan kegunaan utamanya. Yang pertama adalah pipa furnitur, yang merupakan jenis pipa baja untuk furnitur alias perabotan atau mebel. Contohnya adalah penggunaan pipa baja untuk rangka meja, kursi, bangku, tempat tidur, rak, lemari, hingga aksesoris untuk dekorasi rumah. Di samping itu, pipa baja juga dapat digunakan sebagai rangka kursi roda mengingat karakteristiknya yang kuat dan tangguh,

Kemudian, masih ada penggunaan pipa baja untuk kebutuhan industri lainnya, terutama otomotif dan transportasi. Hal ini bisa dibuktikan lewat adanya beberapa komponen kendaraan yang dibuat dengan memanfaatkan pipa baja hitam sebagai bahan bakunya, seperti rangka sepeda motor atau dalam proses pembuatan sepeda kayuh.

Selain pipa furnitur, ada juga pipa baja SNI yang sudah memenuhi standar SNI yang ditetapkan. Contohnya pipa medium galvanis SNI dengan lapisan galvanis sebagai pelindungnya agar tahan dari karat serta meningkatkan kekuatan dari pipa.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa pipa besi baja dapat diimplementasikan di dalam berbagai aktivitas untuk segala kebutuhan. Selain untuk konstruksi bangunan, nyatanya pipa baja juga dapat digunakan untuk mengalirkan baik itu minyak, uap, gas, dan air untuk kebutuhan manufaktur maupun pertambangan. Di samping itu, pipa baja juga bisa dimanfaatkan untuk tiang kanopi, rangka bangunan, hingga tiang listrik maupun baliho.

Share This Article: